SELAMAT DATANG DI BLOG SMP NEGERI 3 BANCAR KABUPATEN TUBAN PROPINSI JAWA TIMUR

Jumat, 09 April 2010

SEJARAH BERDIRINYA SMPN 3 BANCAR

Di Wilayah Kabupaten Tuban belahan paling barat yaitu kecamatan Bancar terdapat sebuah Desa yang dinamakan Desa Ngujuran Desa ini terletak diantara kecamatan jatirogo dan Bulu.

Masyarakatnya masih sangat sederhana kehidupan sehari-hari sebagian besar mata pencahariannya adalah bertani namun disisi lain masyarakat sangat mendambakan sebuah lembaga pendidikan ditingkatan SMP, tidak lama kemudian SMP Negeri 1 bancar membuka lembaga SMP satu atap di SDN 1 Ngujuran, namun keberadaan SMP satu atap ini belum memberikan kepuasan bagi masyarakat sekitar karena SMP tersebut nampaknya belum melembaga.

Akhirnya tokoh masyarakat sepakat mendirikan sebuah lembaga SMP swasta didesa tersebut, namun nama SMP itu masih banyak argumen dari tokoh-tokoh yang ada, Akhirnya dengan kesepakatan SMP tersebut diberi nama SMP Ronggolawe.

Selang beberapa bulan nampaknya respon tokoh masyarakat sekitar dapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Tuban khususnya Dinas Pendidikan akhirnya SMP satu atap tersebut melembaga menjadi SMP Negeri 3 Bancar Kabupaten Tuban.

Sedangkan SMP Ronggolawe yang berdiri baru 4 bulan kurang lebih karena berdiri SMPN 3 maka SMP Ronggolawe tidak jadi berdiri.

Copyright by : SMPN 3 BANCAR TUBAN